Jumat, 26 Februari 2010

MEMBUAT PLANNING

Pada saat hari minggu terkadang kita susah untuk bangun pagi ,mengapa demikian karena kita tidak memiliki rencana kegiatan/ planning di hari tersebut. Oleh karena itu planning harus selalu ada dan sangat penting bagi kita agar hidup kita lebih oke! Kita bangun di pagi hari bakal semangat, karena kita sudah tahu apa yang mesti kita lakukan. Mulaidari hal-hal kecil dulu dan jangan lupa selalu belajar dari kesalahan dan kegagalan yang pernah kita perbuat, never give up!
Kalau kita pikir, satu tahun yang terdiri dari 365 hari pasti banyak hal yang bisa kita lakukan untuk diri sendiri. Tapi karena bayaknya yang kita inginkan, terkadang kita malah tidak melakukan apapun. Karena itu kita perlu membuat planning.
Planning perlu untuk membuat hidup kita lebih terencana dan memudahkan target atau tujuan yang kita inginkan tercapai. Jadi kalau ada yang masih bingung, malas atau tidak tahu mau melakukan apa di tahun ini, wake up!.

Mulai dari langkah-langkah berikut:
- Tentukan apa yang kita inginkan
Mulai dari yang perlu untuk dibenahi dari diri kita. Bisa dari sekolah, tugas di rumah, eskul sampai soal gaul. Misalnya, ingin prestasi belajar lebih baik, ingin punya badan lebih bugar, pengen lebih lancar bahasa asing atau mulai bersahabat dengan toko buku.

- Pilih prioritas
Meskipun kita punya planning, tapi jangan terlalu ambisius ingin meraih banyak hal dalam satu kesempatan, dari semua yang kita inginkan tentukan hal paling penting yang harus dilakukan. Jadikan itu prioritas kita Misalnya urusan prestasi sekolah nomor satu, kemudian memaksimalkan hobi nyanyi di urutan bawahnya.

- Belajar dari kegagalan
Jangan lupa introspeksi pengalaman tahun kemarin. Apa saja yang gagal atau stop di tengah jalan. Misalnya sering tidak mengerjakan pekerjaan rumah, selalu belajar dadakan kalau mau ulangan, sering berantem dengan orang tua. Lalu kita cari jalan keluarnya dan jadikan pegangan kita untuk tidak mengulang kesalahan yang sama.


Agar planning mulus:
- Ada yang mensupport
Kalau artis perlu manager, kamu juga lho! Maksudnya ada orang yang mensupport atau bisa mengingatkan kamu untuk terus mengikuti planning yang sudah dibuat. Lebih asyik lagi kalau kita bareng sohib atau kakak sama-sama membuat planning masing-masing lalu saling mensupport.

- Evaluasi
Selalu membuat evaluasi apa yang berhasil dan apa yang gagal? Bagaimana mengatasinya? Lewat evaluasi ini kita bisa tahu apa yang masih kurang selama menjalani planning kita. Ada evaluasi perminggu, perbulan dan pertahun.

- Keep it balance
Disiplin dan konsen menjalankan planning. Tapi jangan lupa luangan waktu juga untuk diri sendiri dan gaul bareng teman. Suntuk juga ka kalau kita nggak refreshing.


- Gagal
Kadang-kadang ada keadaan yang kita tidak harapkan. Pasti banyak halangan yang menghadang kita, tapi maju terus! Soalnya kegagalan membuat kita belajar banyak dan kita bisa cari jalan keluarnya kalau ketemu kegagalan seperti tadi.

- Fleksibel
Tidak salah kalau setelah kita evaluasi ternyata minat kita beralih. Buruan bikin perubahan saat evaluasi.

- Just Do it
Jangan pernah menunda apapun yang sebenarnya bisa kita kerjakan saat ini. Kalau kita malas atau merasa down karena gagal, ingat kembali impian besar kita yang mau kita capai. Tidak ada yang bisa kita raih tanpa perjuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar