Jumat, 26 Februari 2010

Bosan

Bosan jangan dipelihara. Kalau bisa malah harus dicegah sebelum menyerang! Soalnya kita pasti tidak mau jadi tidak produktif Cuma gara-gara ’virus’ yang satu ini. Bosan adalah rasa jenuh, bete dan malas melakukan apa pun. Badan rasanya capek, tidak semangat, kreativitas mulai mampet, susah konsentrasi atau sering kesal sama hal-hal kecil. Tapi sebenarnya kenapa kita masih suka merasa bosan ?

- Monoton
Otak kita akan jenuh kalau terus menerus disuguhi pemandangan atau pola pikir yang serupa. Kita bakalan tetap bosan kalau kita tidak berusaha merubah sudut pandang dan lebih kreatif sedikit dalam menjalani kesehariannya. Kita juga bisa bosan sama diri kita sendiri, sebenarnya ini muncul karena kita kurang berani mendobrak kebiasaan dan mencoba hal-hal baru.

- Butuh tantangan
Otak kita membutuhkan stimulasi dan tantangan terus menerus tetapi tidak terlalu banyak atau diatur sesuai batas kemampuan kita. Dengan kata lain, otak kita selalu butuh hal-hal baru atau tantangan-tantangan lain yang menarik. Karena tantangan itu bagus sekali buat meningkatkan kemampuan diri kita.

- Lelah berat
Adalah rasa lelah luar biasa, justru karena tantangan yang terlalu banyak! Ya lelah fisik, ya lelah mental. Lucu ya, tidak ada tantangan bosan, kebanyakan juga tidak baik. Istilah psikologisnya adalah burn-out, burn-out ini ditandai oleh menurunnya konsentrasi, daya tahan tubuh dan semangat. Kalau sudah mengalami ini, kita otomatis jadi tidak bisa berbuat apa-apa dan jadi mudah menyerah. Satu-satuya obat untuk mengatasi burn-out adalah break sebentar dari rutinitas yang sangat menuntut dan menegangkan itu.


Ini ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk mengatasi bosan:

 Lakukan hal-hal baru
Banyak hal dan aktivitas yang bisa kita coba, jangan membatasi diri. Lebih seru lagi kalau kita mencoba hal-hal yang berlawanan dengan yang biasa kita lakukan. Misalnya, kalau biasanya kita makan di mall, lucu juga kalau sekarang kita eksperimen belajar masak bareng teman-teman kita.

 Bertemu dengan orang-orang baru
Makin banyak bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang dan pola pikir, makin luas juga wawasan kita. Pemikiran kita juga jadi terus fresh dan berkembang, jadi anti monoton!.

 Tingkatkan diri
Tidak ada kata telat atau cukup untuk belajar. Kalau kita sudah dianggap ahli di suatu bidang, gali terus kemampuan kita. Supaya semua hal tetap menjadi tantangan buat kita!.

 Be spontaneous!
Sikap spontan bakal menjauhkan kita dari rasa bosan. Coba bersikap seperti itu. Lakukan kejutan-kejutan dan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Sikap spontan kita asal sesuai dengan situasi dan kondisi, bakal bikin hidup kita lebih berwarna.

 Punya impian dan tujuan
Kalau kita ikut suatu kegiatan tanpa tujuan sama sekali, Cuma sekedar ikut-ikutan atau karena kewajiban saja, besar kemungkinan kita bakal cepat bosan, lain halnya kalau kita punya ambisi, impian atau tujuan yang hendak dicapai. Dijamin rasa bosan tidak cepat menyerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar