Jumat, 26 Februari 2010

Sayangi Gigimu

Rajin sikat gigi tapi masih sering sakit gigi, jangan-jangan perawatannya yang salah. Ada beberapa tips cara sikat gigi dengan baik dan benar:

 Pertama, rapatkan gigi bagian atas dan bawah, sikatlah gigi bagian depan secara perlahan dengan gerakan turun naik dan bukan dengan gerakan ke samping. Kemudian lanjutkkan menyikat gigi bagian samping kiri dan kanan dengan gerakan yang sama.

 Bersihkan gigi bagian dalam dari arah bagian gigi depan ke bagian gigi paling belakang.


 Sikatlah gigi selama minimal 3 menit secara perlahan untuk mendapatkan hasil yang lebih bersih.

Untuk perawatan gigi, kita bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
 Sikatlah gigi dengan fluoride paling sedikit dua kali sehari (pagi hari dan sebelum tidur), tapi lebih dianjurkan untuk menyikat gigi sehabis makan.

 Cobalah untuk menyikat gigi selama minimal 3 menit untuk memaksimalkan kebersihan gigi.

 Jangan lupa untuk membersihkan sisa makanan dengan menggunakan benang gigi paling sedikit sekali dalam sehari atau sehabis makan.

 Gunakan sikat gigi yang berujung lembut supaya tidak merusak gusi dan gantilah sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau pada saat kondisi sikat gigi harus diganti.

 Jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung banyak gula, karena bisa menyebabkan gigi rusak.

 Sebaiknya melakukan kunjungan ke dokter gigi tidak hanya dilakukan pada saat kita mengalami sakit gigi. Tapi dianjurkan dilakukan paling tidak dua kali dalam satu tahun. Tugas dokter gigi sangat membantu kita mendeteksi dari awal apakah kita mempunyai keluhan pada gigi dan gusi sehingga kita dapat menghindari sebelum sakit.

Gunakan flossing
 Flossing (membersihkan gigi dari sisa makanan dengan menggunakan benang khusus gigi), memang sebaiknya dilakukan paling tidak sekali dalam sehari atau setiap habis makan. Flossing berguna untuk membersihkan gigi terutama daerah yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

 Cara flossing yang baik adalah, pertama-tama ambillah benang gigi dengan ukuran cukup panjang atau disesuaikan dengan daerah mana yang akan dijangkau. Pegang benang gigi dengan cara mengaitkan benang di antara kedua ujung jari telunjuk dan jempol. Kemudian selipkan benang diantara dua gigi yang akan dibersihkan. Dengan perlahan bersihkan sela-sela gigi. Membersihkan sisa makanan yang masih menempel di gigi lebih baik menggunakan benang gigi dari pada tusuk gigi, karena tusuk gigi dapat merusak gigi dan menyebabkan gigi menjadi renggang dan berlubang.


Gigi kita kadang memang tumbuh dalam keadaan tidak rapih. Untuk merapihkannya memang kita harus berkonsultasi dengan dokter gigi untuk dipasangkan kawat gigi. Kawat gigi sendiri berguna untuk merapihkan gigi yang tidak rapih atau miring. Pemakaian kawat gigi biasanya dilakukan selama dua tahun. Tapi lamanya pemakaian tergantung dari seberapa rapi atau tidaknya gigi.

Agar karang gigi berkurang
Karang gigi yang juga disebut Plaque (plak), adalah lapisan berwarna putih yang menempel di gigi membentuk karang. Karang gigi sendiri terjadi karena bakteri-bakteri dalam jumlah banyak yang menempel di sela-sela gigi yang ada sisa makanan yang membusuk. Karang gigi hanya bisa dibersihkan dengan bantuan alat khusus dan hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi. Untuk mencegah terjadinya karang gigi, rajin-rajinlah menyikat gigi dan menggunakan benang gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar